ZOOM MEETING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE
Sleman, 14 Agustus 2021. Pembelajaran online atau daring saat ini menjadi hal yang sudah biasa dilakukan oleh guru dan peserta didik di SMK Negeri 1 Tempel. Sejak adanya pandemi covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk pembelajaran jarak jauh. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus covid-19. Kegiatan pembelajaran jarak jauh yang telah dilakukan oleh guru dan peserta didik selama ini tentunya mampu merubah paradigma guru dan peserta didik tentang pembelajaran. Awalnya guru dan peserta didik melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan cara tatap muka secara langsung dan dilaksanakan di ruang kelas, saat ini telah berubah menjadi pembelajaran virtual yang dilaksanakan dari rumah masing-masing.
Kemajuan teknologi saat ini telah menggerakan guru dan peserta didik untuk menggunakan aplikasi-aplikasi pembelajaran online yang mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satu cara pembelajaran jarak jauh adalah Synchronous Learning. Synchronous Learning merupakan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara langsung antara guru dan peserta didik dengan bertatap muka dalam dunia maya menggunakan aplikasi yang langsung koneksi dengan internet. Salah satu media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan peserta didik di SMK Negeri 1 Tempel adalah zoom meeting. Pemilihan zoom meeting sebagai media pembelajaran karena memiliki berbagai macam fitur-fitur unggulan.
Adapun fitur-fitur unggulan yang disajikan dalam zoom meeting yang dapat memudahkan guru dan peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran online, antara lain zoom memiliki jumlah kapasitas ruang meeting yang besar sehingga guru bisa langsung berkomunikasi secara langsung dalam waktu yang bersamaan dengan peserta didik dalam jumlah banyak, yaitu 100 peserta didik. Video yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus, sehingga terlihat jelas. Peserta dapat dengan mudah bisa bergabung dalam ruang kelas zoom meeting, hanya dengan menggunakan link zoom meeting yang diberikan oleh guru. Guru dan peserta didik dapat mematikan suara pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu juga terdapat fitur mematikan video, sehingga guru dan peserta didik dapat mengikuti kegiatan dengan off kamera.
Dengan menggunakan zoom meeting guru dapat dengan mudah membuat jadwal pembelajaran melalui pengaturan schedule meeting. Guru dapat menentukan topik pembelajaran, deskripsi pembelajaran yang akan dilaksanakan, waktu pembelajaran, durasi lamanya pembelajaran. Tersedianya link akses untuk mengikuti kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Keunggulan yang lain, adanya fitur host yang dapat mengatur setiap aspek dalam zoom meeting termasuk peserta. Host dapat mengeluarkan peserta, mematikan miscrophone peserta, mengatur layar zoom, menggunakan fitur record untuk merekam dan menyimpan video pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dengan adanya kebebasan dalam pengaturan tersebut, dapat memudahkan guru dan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kelebihan lain dari fitur zoom meeting adalah breakout room. Fitur breakout room dapat memudahkan guru dan peserta didik dalam melakukan kegiatan diskusi virtual. Pada aplikasi zoom meeting, ruang breakout room terpisah dengan ruang utama meeting. Guru membagi peserta didik dalam kelompok kecil, sehingga guru dan peserta didik terpisah untuk memaksimalkan kegiatan belajar. Dengan adanya breakout room peserta didik memiliki ruang pribadi untuk melakukan kegiatan diskusi. Setelah peserta didik masuk ke ruang breakout room segala aktivitas peserta didik dalam kelompok tidak diketahui oleh guru dan kelompok lain. Dengan demikian, peserta didik lebih leluasa dan dapat santai dalam melakukan kegiatan diskusi bersama teman kelompoknya. Setiap kelompok bisa memanggil guru atau guru bisa masuk ke kelompok-kelompok diskusi peserta didik yang sudah dibagi untuk melakukan pendampingan kegiatan diskusi. Melalui fitur breakout room ini peserta didik dapat memiliki pengalaman belajar diskusi virtual untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik.
Melalui zoom meeting peserta didik dan guru dapat melakukan interaksi tatap muka secara langsung walaupun melalui dunia maya. Interaksi antara guru dan peserta didik yang idealnya dilaksanakan dengan jarak yang berdekatan, dengan menggunakan zoom meeting dapat membantu jalannya kegiatan pembelajaran dengan melibatkan peserta didik dan guru secara langsung walaupun dilakukan dengan jarak jauh dari tempat tinggal masing-masing. Pembelajaran jarak jauh menggunakan zoom meeting mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dan guru. Pembelajaran menjadi efektif dengan menggunakan fitur-fitur yang ada sebagai pendukung jalannya kegiatan pembelajaran online pada masa saat ini.
Dengan demikian, pembelajaran jarak jauh dapat menambah wawasan guru, peserta didik, dan orang tua dalam memanfaatkan teknologi informasi. Pembelajaran jarak jauh yang telah dilaksanakan selama ini dapat menjadikan guru dan peserta didik lebih kreatif dan inovatif. Kerjasama yang baik antara guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik menjadi faktor penentu tercapainya tujuan pembelajaran. Semoga pandemi covid-19 yang terjadi saat ini segera berlalu seiring dengan kebiasaan-kebiasaan baru atau new normal yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Kegiatan proses pembelajaran bisa segera dilaksanakan secara tatap muka secara langsung kembali di sekolah. Aamiin Ya Rabbal’alamin.
Penulis: Beti Rahmasari Utami, M.Pd.