RAPAT KOORDINASI UKK/USK DENGAN ASESOR EKSTERNAL TAHUN 2021
Sleman, 9 April 2021. UKK meruakan penilaian terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI, yang dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri dengan memperhatikan paspor keterampilan dan/atau portofolio. UKK juga didefinisikan sebagai proses penilaian melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu kualifikasi tertentu.
Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK)/Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) di SMK Negeri 1 Tempel akan diikuti oleh 194 peserta didik tingkat XII yang berasal dari 5 kompetensi keahlian. Ujian tersebut telah diagendakan pada tanggal 6 s.d. 11 April 2021 secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah terjadinya penuliaran Covid-19.
Untuk meraih kelancaran dan kesuksesan UKK tersebut, panitia UKK telah menyelenggarakan rapat koordinasi antara Asesor Internal dengan Asesor Eksternal yang berasal dari IDUKA, pada hari Rabu 24 Maret 2021 di Ruang Rapat SMK Negeri 1 Tempel. Rapat koordinasi dipimpin oleh ketua panitia UKK Binti Mahtumah, S.Pd. yang dihadiri oleh 9 Asesor Eksternal, yaitu Dra. Siti Rumini dari LSP PI SMK N 2 Godean dan Dra. Utami Sri Rejeki dari LSP P1 SMK 1 Depok sebagai Asesor kompetensi keahlian AKL. Barnawi Umar, S.Pd dan Sulis Rahmawati, S.Pd. dari dari LSP PI SMK N 2 Godean sebagai Asesor kompetensi keahlian OTP. Nurhidayatulloh, ME dan Siti Septiana Dewi dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk serta Dr. Phil Rahmatul Irfan, S.T,M.T.,M.C.E dari Alfabank Yogyakarta sebagai Asesor kompetensi kehalian BDP. Dodi Prasetyo Utomo, S.T. dari PT Wahana Lintas Nusa Persada sebagai Asesor kompetensi keahlian TKJ dan yang terakhir adalah Okto Dedi Pranowo dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai Asesor kompetensi kehalian TL. Sedangkan penguji internal dari SMK Negeri 1 Tempel sebanyak 12 orang guru yang telah memiliki sertifikasi kompetensi yang sesuai dengan bidangnya.
Dalam sambutannya, Kepala Sekolah Sri Winarsih, S.Pd. menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran bpk/ibu asesor eksternal serta menyampaikan harapannya. “Mohon bantuan dan kerjasama dalam melakukan penilaian kompetensi peserta didik kami, dari sekolah sudah berusaha memberi bekal kepada peserta didik, tapi karena masa pandemi tidak bisa maksimal dalam membekali peserta didik. Para asesor bersama-sama dengan team untuk koordinasi masing-masing kompetensi keahlian agar saling memberikan saran dan masukan pelaksanaan UKK”, tutur Sri Winarsih.
Binti Mahtumah, S.Pd. selaku pemimpin rapat memaparkan gambaran umum dan tujuan pelaksanaaan UKK serta menyampaikan teknis koordinasi antara Asesor Eksternal dengan Asesor Internal akan dilakukan secara berkelompok sesuai kompetensi keahlian masing-masing, kemudian hasil koordinasi dipaparkan di forum rapat ini. Adapun hasil koordinasi secara umum yaitu:
- Pelaksanaan UKK dari setiap jurusan berlangsung selama 2 hari. Untuk 4 jurusan secara luring, sedang kan 1 jurusan yaitu BDP dengan teknis campuran 1 hari online dan 1 hari offline untuk penilaian presentasi.
- Kompetensi keahlian BDP, TKJ dan TL dilaksanakan tanggal 6-7 April 2021, sedangkan kompetensi keahlian AKL dan OTP tanggal 10-11 April 2021.
- Format penilaian dibuiat lebih ringkas.
- Soal sudah sesuai standar SKKNI level 2 dan siap digandakan.
- Persiapan sudah mencapai 65 %.
- Jika ada informasi lebih lanjut akan dikomunikasikan secara langsung antar asesor.
Semoga melalui rapat koordinasi ini, meminimalkan kendala-kendala yang dapat menghambat kelancaran kegiatan ujian pada hari H.
Penulis: Eva Sofiah