PENINGKATAN IMTAQ PESERTA DIDIK DI RAMADHAN 1441 H TAK TERHALANG OLEH COVID-19
Sleman, 18 Mei 2020. Ramadhan tahun ini terasa berbeda dengan ramadhan-ramadhan sebelumnya. Dengan adanya pandemi COVID-19 memaksa kita semua untuk membatasi kegiatan sosial baik dalam skala besar maupun kecil. Hal ini sesuai dengan himbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing sehingga kita harus bekerja, belajar bahkan ibadah dari rumah.
Menghadapi pandemi yang masih belum usai ini, SMKN 1 Tempel menyelenggarakan Pembinaan Iman dan Taqwa (IMTAQ) di bulan Ramadhan untuk peserta didik kelas X dan XI secara online. Kegiatan ini berlangsung tanggal 11-15 Mei 2020 dengan tugas kegiatan yaitu ibadah wajib harian, tadarus Al-Quran bersama keluarga, dzikir pagi sore, mendengarkan ceramah via online kemudian dibuat resensinya, menghafalkan surat Al-Kahfi, membantu keluarga di rumah (Birrulwalidain) dan kegiatan sosial di masyarakat, serta membuat foto ucapan selamat Idul Fitri 1441 H.
Peserta didik diminta mendokumentasikan setiap kegiatan yang dilaluinya dan merangkainya menjadi sebuah video atau slide foto sesuai kreativitas masing-masing sebagai laporan kegiatan pembinaan IMTAQ online. Adapun teknis penyampaian laporannya yaitu memposting di akun instagram masing-masing dan men-tag akun instagram @binaimtaq SMK Negeri 1 Tempel dan @perpustakaancintailmu. Selain itu, peserta didik pun mendapatkan lembar muhasabah diri untuk diisi selama bulan Ramadhan serta mengirimkan progres hafalan ke pendamping masing-masing.
Kegiatan pembinaan IMTAQ ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pra peserta didik untuk tetap semangat dan meningkatkan kulitas ibadah di bulan Ramadhan meskipun di tengah pandemiCOVID-19. Manfaat dari kegiatan ini juga sangat dirasakan oleh peserta didik, seperti yang disampaikan Nurul Fitria Utama kelas XI OTP 3 yang merasakan bahwa “kegiatan ini dapat menjadi acuan kegiatan sehari-hari untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, lebih dekat dengan keluarga dan mempererat tali persaudaraan”. Hal yang sama juga dirasakan oleh Raisya Nuraini Putri kelas XI TL yang mengungkapkan bahwa “adanya kegiatan ini membuatnya lebih dekat dengan keluarga dan dapat menambah daftar hafalannya”.
Selain itu, pembuatan video dapat mengasah kreatifitas siswa sehingga menjadi lebih terampil dalam menggunakan teknologi. Seperti yang diungkapkan oleh Yulia Siti Mawarti kelas X AKL 2 yang mengatakan bahwa “kegiatan ini menjadikannya tidak bosan selama dirumahsaja, sebagai pengingat dalam beribadah dan meningkatkan kreatifitasnya dalam membuat video”. Diharapkan video yang sudah dibuat oleh para peserta didik dapat menjadi media dakwah mereka di media sosial dan sebagai pengingat bahwa mereka telah melalui Ramadhan yang berkesan di tengah wabah pandemi COVID-19 dengan kegitan yang terarah dan penuh hikmah.
Penulis: Umi Zakiyatul Hilal, S.Pd.I